Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

IPM Jakarta Terus Menguat

IPM Jakarta Terus Menguat
Tanggal Rilis : 1 Desember 2022
Ukuran File : 3.05 MB

Abstraksi

Pembangunan manusia terus mengalami kemajuan di Provinsi DKI Jakarta. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2022. Peningkatan nilai IPM ini ditopang oleh kenaikan nilai ketiga dimensi pembentuk IPM yakni Dimensi Umur Panjang dan Hidup Sehat, diukur dengan Umur Harapan Hidup saat Lahir (UHH), Dimensi Pengetahuan, diukur dengan Harapan Lama Sekolah (HLS) dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Dimensi Standar Hidup Layak yang diukur dengan Pengeluaran per Kapita Penduduk yang Disesuaikan (PPP).  
Pencapaian IPM DKI Jakarta sebesar 81,65 pada tahun 2022 atau tumbuh 0,67 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini ditopang oleh peningkatan komponen UHH sebesar 0,42 persen, HLS sebesar 0,08 persen, RLS sebesar 1,25 persen dan PPP sebesar 2,20 persen. 
Penanganan Pandemi COVID-19 yang berjalan dengan baik diiringi dengan proses pemulihan ekonomi yang terus berlanjut dan semakin menguat telah mendukung pembangunan manusia Jakarta yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari cakupan vaksinasi yang semakin luas, tingkat kematian akibat COVID-19 semakin rendah hingga Pemerintah memutuskan melonggarkan syarat berkegiatan bagi masyarakat. Di sisi lain, tren pertumbuhan ekonomi semakin meningkat, pengangguran semakin menurun, dan tingkat kemiskinan maret 2022 menurun dibandingkan maret 2021.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province) Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik