Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Pecah Rekor, Ekpor Jakarta Kembali Tembus 1 Miliar Dolar Di Penghujung Tahun 2021

Pecah Rekor, Ekpor Jakarta Kembali Tembus 1 Miliar Dolar Di Penghujung Tahun 2021
Tanggal Rilis : 3 Januari 2022
Ukuran File : 2.78 MB

Abstraksi

Semakin baiknya penanganan pandemic COVID-19 oleh negara-negara di dunia membawa pengaruh positif pada aktivitas perekonomomian. Selain itu, penurunan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga ke level 1 di Jakarta tidak hanya telah meningkatkan mobilitas masyarakat tetapi juga berperan dalam mendorong peningkatan kapasitas kegiatan ekonomi di Jakarta. Dunia usaha kembali bergairah, dan ini berdampak pada peningkatan permintaan tidak hanya yang berasal dari domestic tetapi juga internasional. Hal ini ditunjukkan oleh tren ekspor Jakarta yang kembali meningkat menjelang akhir tahun. Pada November 2021 ekspor tercatat US$ 1,04 miliar, atau meningkat 7,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Capaian tersebut merupakan yang tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Peningkatan ini tak lepas dari menguatnya komoditas utama ekspor seperti pakaian dan aksesori (rajutan), berbagai produk kimia, dan ikan, krustasea dan moluska. Jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya (y-on-y), ekspor juga meningkat sebesar 7,9 persen. Komoditas yang mendongkrak naiknya ekspor secara year on year yaitu lemak dan minyak hewan/nabati serta berbagai produk kimia. Kedua komoditas tersebut naik lebih dari 100 persen.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province) Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik