Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Semakin Tangguh, Ekspor Kembali Menyentuh Angka 1 Miliar Dolar

Semakin Tangguh, Ekspor Kembali Menyentuh Angka 1 Miliar Dolar
Tanggal Rilis : 1 November 2022
Ukuran File : 2.78 MB

Abstraksi

Dinamika ekonomi global belum sepenuhnya pulih dari gelombang pandemi COVID-19. Kenyataan bahwa dunia sedang bergerak menuju resesi tidak bisa dipisahkan dengan kondisi ketidakpastian perekonomian dunia saat ini. Indikasinya, beberapa negara mulai mengurangi produksinya karena menurunya permintaan global, sehingga berdampak pada terganggunya rantai perdagangan luar negeri. Di tengah ketidakpastian ini, ekspor Jakarta masih mampu tumbuh positif. Baik secara month to month dan year on year ekspor Jakarta kembali meningkat. 
Pada September 2022, ekspor Jakarta kembali menembus US$ 1 miliar, tumbuh 0,9 persen dibandingkan bulan sebelumnya (month to month). Ini merupakan ketiga kalinya yang terjadi pada tahun 2022. Komoditas utama pendorong kenaikan ekspor Jakarta adalah lemak dan minyak hewani/nabati, mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya, kendaraan dan bagiannya, dan Ikan, krustasea, dan moluska.
Sejalan dengan pertumbuhan ekspor month-to-month, ekspor secara year-on-year juga menunjukkan pertumbuhan positif. Ekspor bulan September 2022 naik 5,8 persen jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. Komoditas utama yang mendorong peningkatan tersebut adalah lemak dan minyak hewan / nabati, sabun dan preparat pembersih, kendaraan dan bagiannya, dan ikan, krustasea, dan moluska.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province) Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik