Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Optimisme Awal Tahun, Ekspor Kembali Tembus 1 Miliar Dolar

Optimisme Awal Tahun, Ekspor Kembali Tembus 1 Miliar Dolar
Tanggal Rilis : 1 Maret 2022
Ukuran File : 2.72 MB

Abstraksi

Sinyal positif perbaikan ekonomi global di tahun 2022 diantaranya dapat ditengarai dari pemulihan pertumbuhan ekonomi domestik yang menunjukan kecenderungan bergerak ke arah positif dari tahun 2021. Peningkatan produksi domestic tidak hanya didorong oleh peningkatan permintaan domestic tetapi juga untuk memenuhi permintaan dari luar negeri. Hal ini antara lain dapat terlihat dari peningkatan nilai ekspor Jakarta pada awal tahun 2022.
Pada Januari 2022, ekspor Jakarta kembali menyentuh nilai 1 milyar US$, ini adalah kali ketiga selama kurun waktu tiga tahun terakhir. Nilai ini meningkat 3,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month). Peningkatan ini tak lepas dari menguatnya nilai ekspor komoditas utama, seperti logam mulia dan perhiasan/ permata, mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya, dan pakaian dan aksesorinya (bukan rajutan).
Jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya (year-on-year), nilai ini bahkan meningkat jauh lebih cepat, yakni 20,6 persen. Komoditas yang mendongkrak peningkatan pada periode ini adalah lemak dan minyak hewan/nabati, yang kenaikannya melebihi 100 persen.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province) Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik